Tersirat Makna yang Unik dari Lagu Lemon Tree

I wonder how I wonder why….
Menurut survey dari majalah setempat, kebanyakan orang membaca tulisan di atas itu sambil bernyanyi.
Bagi yang membacanya tidak pakai nada bisa coba baca not ini 3 3 4 5. . 5 5 6 2.

Jika masih belum tahu juga karena tidak bisa membaca not, bisa langsung dilihat beserta video klip dari lagunya di Youtube (diupload sejak tahun 2007 dan sekarang sudah sampai 25jutaan viewers).
Dan kalau mau bernyanyi full version ada liriknya beserta chords (kunci gitar) lagunya bisa dilihat di Lirik Lagu dan Chords Lemon Tree.

Judul lagunya Lemon Tree atau pohon lemon apabila diartikan dalam bahasa Indonesia. Kebetulan sebelum menulis postingan ini, saya juga belum pernah lihat bagaimana itu bentuk dari pohon lemon. Jadi saya sertakan juga gambar pohon lemon di dalam tulisan singkat ini.

fools garden lemon tree

Lagu Lemon Tree dari band legenda yang terbentuk tahun 1991 (Fools Garden) ini sendiri ternyata maknanya begitu dalam tersirat. Melihat judulnya saja muncul pertanyaan besar ada apa dengan pohon lemon. Belum lagi melihat chorus dari lagunya ada about the blue blue sky. Apalagi itu. Kenapa bisa sampai langit biru dibawa-bawa.

Setelah berselancar di Google dengan keyword kata kunci apa sih arti lagu lemon tree in English pastinya. Karena orang-orang di luar negeri sana semuanya dibahas. Kita cari di mesin pencari pakai bahasa Inggris ada berapa ekor semut di planet Mars saja, ada saja dari mereka yang bisa menjelaskannya secara ilmiah. Tapi kita juga orang Indonesia tidak mau kalah, batu saja bisa dijadikan bisnis.
Baca : Monkey Business Batu Akik
Cukup intermezzonya. Inti dan pada akhirnya pertanyaan misteri yang tertanam dalam pikiran selama hidup saya 20-an tahun terjawab sudah. Kini saya sudah paham dan mengerti arti lagu dari Lemon Tree dan blue blue sky nya. Dan sekarang melalui BergayaVintage.com saya siap untuk membagikan dan memodifikasinya berdasarkan pemahaman sendiri.

Kupas Tuntas Arti Lirik Lagu Lemon Tree

Terlepas dari valid tidaknya pengambilan makna di balik lagu ini, karena pengarangnya sendiri tidak pernah mendefinisikannya secara langsung melalui wawancara interakif di media berita, saya rasa makna dari beberapa opini penggemar musik ini bisa dianggap cukup masuk akal.

LEMON
buah-lemon

Semua juga tahu kalau lemon itu rasanya asam dan bisa sampai membuat mata tertutup dan pipi mengerut kalau memakannya. Lu kurang asam banget sih….kita juga sering mengucapkan kata “kurang asam” kepada orang yang membuat kita marah kesal dan kecewa. KECEWA. Di kata inilah Fools Garden bermain lirik lagu pohon lemon untuk menggambarkan kekecewaannya akan sesuatu hal.

KEKECEWAAN KARENA RASA LEMON

donald trump kecewa

Bait per bait lagu sudah jelas menggambarkan perasaan hampa karena kebosanan. Lelah, menghabiskan waktu yang tidak berguna. Layaknya menunggu seseorang yang tidak ada kepastiannya sama sekali. Kemudian pergi mencoba mencari sesuatu lain yang mungkin bisa jauh berbeda, tetapi sama saja tidak ada yang bisa didapat selain hanya kesepian dan kelelahan dalam kebosanan. Seperti sangat ketat diisolasi dan tidak bisa terlepas lagi. Kehidupan terasa begini-begini saja terus menerus.

WONDER HOW WONDER WHY

bergaya vintage

Di bagian chours/reff, pada bagian ini sangat terbukti kelihaian band ini dalam membuat lirik sebuah lagu. I wonder how I wonder why…. Mengejutkan!

APA YANG MENGEJUTKAN?

Menurut saya, di sini bagian yang paling dramatis: Yesterday YOU told me about blue blue sky. You di sini maksudnya adalah TUHAN si pencipta kehidupan. Seolah mempunyai jiwa sebelum terlahir ke dunia, si penulis lagu menyampaikan dalam liriknya kalau Tuhan itu berbohong kepadanya.

Seperti orangtua, sewaktu kita masih kecil kita pasti sering dijanjikan hal yang manis-manis supaya mau melakukan sesuatu. Misalnya mandi makan tidur siang, nanti dibelikan es krim belikan mainan dan sebagainya.

tidak mau ikut

Lagu lemon tree ini menggambarkan Tuhan sebagai orangtuanya. Si penulis lagu awalnya tidak mau ikut memenuhi bumi, dia sangat menolaknya dia sangat benci kalau harus pergi ke dunia. Tapi Tuhan membujuknya dengan janji manis kalau di bumi itu indah, akan ada bermacam-macam kehidupan yang indah yang bisa didapatkan, semua keindahan ada di bumi. Dan akhirnya si penulis pun mau untuk pergi dan lahir ke bumi karena penasaran juga apa benar dunia kehidupan di bumi seindah itu.
Tapi apa yang didapat? Tidak ada apa-apa! Semuanya semeraut tidak jelas, kehidupan di bumi tidak ada manis-manisnya, semuanya asam seperti lemon. Kemanapun pergi juga sama saja asamnya, tidak ada rasa lain yang spesial.

KECEWA!!

kekecewaan terbesar

Dulu Tuhan berkata langit-langit biru begitu indah dilihat dari bumi. Tetapi tidak juga, keindahan langit biru pun sudah tertutupi habis oleh pohon lemon. Kehidupan tidak seperti yang dibayangkan, sama sekali tidak ada yang menarik tinggal di bumi ini, dimana-mana hanya ada pohon lemon yang asam. Penyesalan kekecewan kemarahan kenapa harus ikut berdrama sandiwara di dalam hutan pohon lemon ini.

chords and lyrics fools garden band

Saya merasa Lagu Fools Garden – Lemon Tree ini sangat benar. Entah apa yang terjadi di dunia ini, semuanya sekarang sudah aneh-aneh. Tapi Tuhan juga tidak salah, bumi ini memang indah dulunya sewaktu bumi ini masih kosong dan belum ada pemetakan seperti sawah. Sekarang pemetakannya sudah semakin sempit, sudah banyak negara-negara sudah ada agama-agama, ras bahasa suku dan banyak lagi penggolongannya. Bukannya malah jadi manis dan damai karena sudah dibagi-bagi, malah makin kacau dan asam.

Seperti lagunya John Lennon – Imagine, bayangkan jika pembagian golongan itu tidak diciptakan manusia itu sendiri.

Banyak Orang Berpikir Lemon Tree Lagunya The Beatles

Dulu itu sekitar tahun 2011 kalau membuat pencarian lagu lemon tree di search engine pasti munculnya The Beatles – Lemon Tree. Bahkan sampai sekarang juga masih, jika mengetikkan kata kunci “the beatles – lemon tree” muncul lirik lagu yang sama dengan lagunya fools garden ini. Sempat bingung juga kenapa bisa-bisanya banyak yang klaim kalau lagu lemon tree itu sebagai lagunya the beatles. Padahal the beatles sendiri tidak pernah mengatakan kalau lemon tree adalah lagunya mereka.

Ternyata ada alasannya kenapa banyak orang menulis di website dan blog-blog pribadi mereka kalau lagu lemon tree merupakan milik the beatles. Alasannya juga sangat simpel. Kala itu belum banyak orang yang tau apa itu band Fools Garden. Namun saat itu lagu lemon tree ini begitu tenar dan asik untuk didengar, dan beredar lagu-lagu bajakan lemon tree tetapi tidak memakai title fools garden sebagai bandnya.

lemon-tree-dikira-lagu-the-beatles

Karena terdengar atau juga mungkin fools garden sengaja membuat suara rekaman lagunya sama persis seperti duetnya Legenda musik terjaya sepanjang sejarah dunia musik, siapa lagi kalau bukan duet vokalnya The Beatles : Lennon McCartney. Yap suara penyanyi dan latar musik perekaman musik dan penarikan suara satu dan dua band fools garden di lagu lemon tree sangat menyerupai karakter dan gaya bernyanyi dari John Lennon dan Paul McCartney juga berlatar aura musik 1960-an.

Bagaimana tidak lemon tree dianggap dinyanyikan the beatles. Sedikit-sedikit the beatles. Apalagi lagunya lemon tree ini sangat enak didengar, kemungkinan besar orang-orang menganggap pasti penyanyinya the beatles. Ditambah pula kepopuleran The Beatles yang sudah lebih terkenal daripada Jesus Christ.

Baca : John Lennon – The Beatles Lebih Populer Daripada Yesus

Sedikit kutipan bijak di akhir artikel Tersirat Makna yang Unik dari Lagu Lemon Tree ini, “When life gives you lemons, make lemonade” yang artinya “ketika kau rasa hidupmu begitu banyak lemonnya, ambil dan peras lemon itu menjadi limun.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *