Pengganti Batu Akik ! Aksesoris Ini Dianggap Akan Lebih Populer

Kejayaan dinasti batu akik sudah berakhir. Pada akhir 2015 perlahan-lahan orang sudah meninggalkan dan bosan memakai cincin bermata batu ini.

Baca : Berakhir Sudah Fenomena Boomingnya Batu Akik

Sebelumnya orang sudah tergila-gila memakai asesoris di jarin tanga dengan batu semakin mata cincinnya. Kemudian berlanjut naik menuju pergelangan tangan, asesoris GELANG akar bahar juga ikut-ikutan meramaikan minat asesoris tradisional tetapi tidak kampungan di Nusantara.

Layaknya bertarung di ring tinju, berusaha mengalahkan kepopuleran akik di masa itu, awal 2012 akar bahar tampil unjuk gigi di komoditas asesoris Indonesia. Berbeda dengan batu akik yang hanya berupa bulatan yang motif gambarnya hanya bisa dilihat mata, gelang akar bahar hadir dengan varian beraneka bentuk 3 dimensi dengan lekukan-lekulan kreatif dari para seniman pengrajinnya.

Tidak hanya menghiasi pergelangan tangan, akar bahar juga dibuat sebagai barang pajangan untuk menghiasi isi rumah dan sekitarnya. Naga digunakan sebagai ciri khas kreativitas bentuk dari motif akar bahar.

bentuk-gelang-akar-bakar-terkeren

Pengertian dan Manfaat Kesehatan Menggunakan akar bahar

Mengenal akar bahar

Akar bahar merupakan nama dari akar yang tumbuh di dasar laut. Mendengar langsung dari namanya, Bahar yang berarti laut merupakan terjemahan dari bahasa Arab. Beberapa daerah di Indonesia seperti daerah Maluku yang merupakan lokasi terbesar pembuatan kerajinan tangan gelang akar bahar ini, menggunakan bahasa asli daerah mereka untuk menyebutkan gelang akar ini. Di sana akar disebut dengan luhu dan laut dikatakan mete, sehingga sebagian di antara kita mengenal akar bahar dengan sebutan bahasa Maluku luhu mete. Tidak berbeda, hanya karena memakai bahasa daerah di Maluku Luhu Mete juga merupakan akar bahar.

Kita tahu kalau orang-orang timur khususnya kita orang Indonesia sangat identik masih mempercayai khasiat dari benda-benda tradisional dan sangat dekat dengan sifatnya metafisika. Tidak bisa dikatakan benar dan tidak bisa langsung dijudge salah. Sebagian orang masih mempercayai dan membuktikan kebenaran bahwa gelang akar bahar/luhu mete ini mempunyai banyak manfaat di bidang kesehatan. Bahkan beberapa sumber mengatakan akar laut ini bukan hanya opini saja bisa mencegah penyakit, sudah dibuktikan secara medis bahwa benar gelang akar bahar luhu mene mempunyai banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh.

Beberapa manfaat akar bahar yang dipercayai

#1 Menghilangkan racun dalam tubuh
Biasanya bagi orang yang suka mengonsumsi obat-obatan di warung dan tanpa konsultasi langsung ke dokter, sakit sedikit langsung minum obat. Padahal faktanya kebanyakan minum obat bisa menjadi bumerang meracuni fungsi-fungsi dalam organ tubuh. Di sini akar bahar dipercaya mampu bertindak sebagai detok untuk mengeluarkan racun dari konsumsi berlebihan dari obat.

#2 Pengurang nyeri asam urat
Sungguh sakit luar biasa dirasakan ketika asam urat sudah kumat. Umumnya terjadi pada orang-orang yang sudah cukup berumur atau bisa dibilang tua, tetapi masih sering mengkonsumsi makanan-makanan dengan kadar gula dan lemak yang tinggi. Akar laut ini bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk mengurangi rasa nyeri dan meredakan pembengkakan pada penderita asam urat. Dan seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati, untuk yang berusia masih tergolong muda bisa menggunakan akar bahar agar kelak tidak terkena asam urat.

#3 Memperlancar peredaran darah
Sama seperti asam urat, peredaran darah yang tidak lancar juga bisa menyebabkan rasa sakit yang minta ampun tak tertahankan. Gelang akar bahar bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif bagi peredaran darah yang tersumbat akibat kelebihan lemak, kolesterol, dan menumpuknya kadar gula dalam tubuh.

#4 Menjaga kestabilan tekanan darah
Akar bahar mampu menghilangkan rasa pegal-pegal otot sebagai dampak dari penyakit darah tinggi/hipertensi. Memakai gelang ini tekanan darah akan kembali normal sehingga membuat saraf dan otot menjadi rileks kendur di titik-titik saraf yang sering dirasa pegal seperti bagian kepala, pundak, leher, pinggang, dan punggung.

#5 Kekebalan imunitas tubuh
Dengan melekatnya akar bahar di tubuh juga dapat melindungi fisik dan sebagai perisai ketahan terhadap serangan penyakit yang umumnya terjadi dari penularan penyakit atau juga akibat perubahan cuaca yang ekstrim. Teman saya sebagai saksi langsung fungsi dari gelang akar bahar. Yang biasanya dia merasa sakit kepala pusing karena kena hujan di siang hari, menjadi tidak sakit sama sekali semenjak menggunakan akar bahar.

Trend Fashion Gelang Akar Bahar Menggantikan Akik?

Banyak sekali bukan manfaat yang bisa didapat dari sebuah gelang akar bahar?
Seperti yang dulu pernah dipopulerkan oleh pesepak bola Real Madrid Christiano Ronaldo, Power Balance juga awalnya dianggap punya banyak manfaat kesehatan, tetapi kini justru terbalik dan telah disadari kalau gelang Power Balance hanyalah asesoris biasa.

Namun, di luar dari konflik pertentangan opini tentang benar tidaknya manfaat kesehatan karena menggunakan akar bahar, banyak yang merasa bisa tampil lebih modis jika sudah memakai asesoris gelang akar bahar. Benda-benda dari alam yang awalnya disangka tidak berharga seperti batu saja bisa dijadikan asesoris menjadi penghias cincin dan begitu laris dijual, akar bahar juga menjadi trend monkey busines terbaru di masyarakat lokal.

Sedikit terlambat, akar bahar baru muncul menjadi populer pada tahun 2012. Namun pada saat itu banyak orang yang berenggapan kalau akar bahar akan bisa menjadi pengganti boomingnya demam batu cincin sudah cukup lama trend.
Jauh dari dugaan anggapan banyak orang, ternyata keeksisan gelang akar dari laut ini tidak berlangsung lama, terlambat memulai tetapi malah duluan berakhir. Akar bahar hanya mengusik sedikit perhatian masyarakat saja.

akar bahar pengganti batu akik

Dirasa tidak begitu spesial karena kreasi bentuknya pun dianggap terlalu monoton (cuma ada bentuk naga dan ular), hanya menarikĀ minat sebagian kecil orang saja, dan dengan sedikit varian warna berwarna gelap menambah bukti kalau kita lebih tertarik melihat warna ketimbang bentuk. Akibatnya akar bahar pun sebentar saja diminati, itupun hanya segelintir orang karena ingin merasakan manfaat kesehatan yang didapat dari menggunakan gelang akar bahar tersebut.

Saya sendiri bahkan belum sempat memakai akar bahar yang katanya akan fenemonal menggantikan batu akik. Justru kini di 2016 keduanya sudah mulai habis masa trending topic dan tidak jadi pilihan favorit lagi dalam dunia asesoris fashion style.
Kesimpulannya gelang akar bahar juga belum mampu menggantikan kepopuleran trend asesoris unik seperti batu akik.

Kita tunggu saja berikutnya apakah ada barang asesoris yang benar-benar bisa menggantikan cukup lamanya trend batu akik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *